Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

WEBINAR NASMOCO DENGAN TEMA "BANGKIT DAN TETAP PRODUKTIF, SURVIVE DI MASA PANDEMI"

27
Jul
2021

Dalam rangka menyambut HUT Nasmoco yang ke 60 tahun, Nasmoco menyelenggarakan NGOBRAZ (Ngobrol bareng bersama mas Arnaz) dengan tema "Bangkit dan tetap produktif, survive di masa pandemi" pada tanggal 27 Juli 2021 dengan narasumber Arnaz Agung Andrarasmara (Ketua KADIN Kota Semarang).

Arnaz menyampaikan beberapa hal terkait dengan tema yang diangkat dalam webinar ini salah satu diantaranya adalah strategi bertahan bagi UMKM dimasa pandemi yaitu :

INOVASI : Terbatasnya mobilitas warga karena menghindari kerumunan membuat angka kunjungan menurun, kanal digital adalah pasar baru yang harus dimanfaatkan.

KUALITAS PRODUK : Pengusaha harus adaptif mentransformasikan bisnisnya ke online. Untuk industri kuliner selain gofood kini ada shopeefood. Berjualanlah melalui platform tersebut jangan di sosial media. Karena sosial media adalah tempat promosi bukan tempat jualan sebaiknya apapun konten dan gimmick marketing, pastikan produk anda bagus. Karena hanya dengan produk baguslah konsumen akan membeli ulang.

LAYANAN CEPAT : Layanan cepat akan menarik pelanggan lebih sering membeli produk anda. Dengan mobilitas yang terbatas, konsumen menginginkan barang belanjaannya cepat sampai.

MANAJEMEN KEUANGAN : Skill financial manajemen wajib dikuasai, mulai mengelola keuangan dengan profesional. Pisahkan uang pribadi dengan bisnis, pada UMKM saya masih sering melihat masalah klasik ini. Cash flow tidak terkontrol sehingga operasional macet. Untuk itu alihkan budget untuk marketing tradisional ke kanal online. Kini sangat mudah beriklan di Instagram/facebook yang bisa mempromosikan produk anda tepat sasaran.