Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

Ketua Kadin Kota Semarang menjadi Narasumber StartUp dan Vokasi dengan Tema : "StartUp Bisnis Jadi Laris Manis" yang Diselenggarakan oleh CNBC Indonesia

21
Nov
2020
Hidayat Arif Surbakti

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menggelar lanjutan acara pelatihan dalam menyelaraskan dunia vokasi dan industri di Kota Semarang.

Di hari kedua kelas offline ini, Mitras Dudi menghadirkan Ketua Umum Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, serta Analis Pengembangan Bisnis Kredit UMKM dan Kredit Program Bank Jateng.

Direktur Mitras DUDI, Ahmad Saufi mengatakan pelatihan yang dihadiri oleh sejumlah pelaku usaha tersebut merupakan misi pemerintah, khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat hubungan antara vokasi dan pelaku industri.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara menjelaskan peran Mitras Dudi saat ini memang sangat penting sebagai wadah untuk membangun pemahaman bersama tentang pentingnya dunia vokasi.

Keberadaan sekolah vokasi benar-benar sangat dibutuhkan apalagi di tengah pandemi ini kita banyak membutuhkan sumber daya manusia yang siap kerja dan terampil dan ini butuh kolaborasi dimana semua harus terlibat bagaimana mendukung vokasi.

Pentingnya membangun persamaan persepsi antar stakeholder membuat Mitras Dudi sebagai katalis perlu mensosialisasikan sekolah vokasi penyedia tenaga kerja yang siap pakai hingga bisa diserap oleh sektor usaha dan industri.

Permasalahannya adalah banyak perusahaan yang belum memiliki persepsi terhadap pentingnya sekolah vokasi sehingga perlu kolaborasi untuk menyalurkan alumni vokasi karena banyak perusahaan yang belum memahami hal ini.