Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

Pembukaan Semarang Business Forum (SEMBIZ ) 2018

17
Oct
2018

Semarang Business Forum atau Sem’Biz kali ini kembali diadakan di Patrajasa Convention Hotel Semarang , Rabu (17/10/2018).

Sem’Biz 2018 kali ini bertemakan “ Bergerak Bersama Meningkatkan Investasi Daerah Guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat ”.

Acara yang diadakan sudah ke 12 kalinya ini dihadiri oleh Walikota Semarang, Konsulat Jenderal Australia, serta beberapa pengusaha pengusaha dari kota Semarang maupun luar kota Semarang.

Dalam Acara kali ini, Hendi sebagai walikota Semarang mengajak para pengusaha dan para investor untuk berinvestasi di Semarang. Kota Semarang sendiri memiliki nilai investasi yang naik tiap tahunnya. Dalam 3 tahun terakhir nilai investasi mencapai 15-20 Triliun Rupiah. Nilai ini sangat signifikan jika dibandingkan dari sebelum tahun 2010, yang nilai investasinya saja tidak bisa lebih dari 1 Triliun  Rupiah pertahunnya.

“Tadi sudah ada beberapa LOI terkait dengan keminatan beberapa investor untuk masuk kota Semarang, ada yang mau bikin rumah sakit, properti perumahan, bikin spbu, tadi yang ditanda tangan nilainya sekitar 250 milyar rupiah”, Kata Hendi selaku Walikota Semarang saat ditemui pada acara Sem’Biz 2018.

Hendi juga menawarkan beberapa peluang yang bisa diambil oleh para investor dari Semarang maupun luar Semarang.

Diantaranya adalah peningkatan kawasan simpang lima dengan desain 4 lantai ke bawah tanah dengan nilai investasi 1,09 Triliun Rupiah, lalu ada Trase LRT atau sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan lintasan khusus.

Pembangunan LRT sendiri dimulai dari tahap 1, yang memiliki rute dari Bandara Ahmad Yani – Madukoro – Pasar Bulu dengan total panjang lintasan 5,981 Km. Nilai Investasi dari LRT sendiri adalah 200 Milyar Rupiah / Km. Kemudian ada pembangungan Semarang Expo Center, dengan nilai investasi 218 Milyar Rupiah dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah TPA Jatibarang dengan nilai Investasi 1 Triliun Rupiah.

“Mudah mudahan ada yang tertarik dan cocok, nanti kita proses sesuai ketentuan dan menjadi bagian kerjasama dari pemerintah dan swasta untuk membangun kota ini, pasti semuanya ikut mendukung dan terlibat.

Kadin Kota Semarang menjadi salah satu panitia Sembiz ini yang diwakili oelh WIjaya Dahlan.