Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

Soft launching Semarang Online Super Sale 2020

21
Sep
2020

Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang) dan Kamar Dagang dan Industri Kota Semarang (Kadin Semarang) untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara diskon besar-besaran secara virtual bertajuk Semarang Online Super Sale (SOSS).

Acara ini akan dilangsungkan pada 1-14 Oktober 2020 mendatang, dengan menggandeng lima brand market place seperti Tokopedia, Gojek, Blibli, Shopee, dan Grab. SOSS ini melibatkan ratusan UMKM di Kota Semarang, dengan memberikan berbagai promo menarik bagi pengunjung selama acara berlangsung.

“Berbelanja secara daring sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat, terutama selama era pandemi covid-19. Berkaitan dengan meningkatkan daya jual dan beli masyarakat Kota Semarang, oleh karena itu kami mengadakan SOSS ini,” tutur Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara disela-sela pembukan SOSS, di Situation Room Balaikota Semarang.

Berbagai macam produk yang ditawarkan dalam SOSS ini diantaranya seperti kuliner, rumah tangga, fashion, dan craft.

Dengan adanya SOSS ini, Arnaz berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ditopang dari konsumsi rumah tangga atau konsumsi harian, khususnya bagi masyarakat di Kota Semarang.

Selain itu, diharapkan juga dapat membantu para pelaku UMKM untuk mulai berjualan dan meningkatkan penjualan produknya melalui platform market place. Project Director Semarang Online Super Sale, Handoko menuturkan hingga saat ini telah tergabung sekira 200 UMKM di Kota Semarang untuk mengikuti acara SOSS ini.

Lanjutnya, hingga saat ini masih terbuka bagi UMKM di Kota Semarang lainnya yang hendak bergabung dalam acara belanja online ini. Bagi UMKM yang ingin bergabung, dapat langsung saja mendaftarkan usahanya melalui masing-masing market place yang tersedia.

Terkait dengan pelaksanaannya, Handoko menerangkan bagi konsumen yang hendak mengikuti acara SOSS, nantinya dapat langsung mengakses melalui kelima market place yang disediakan. Apabila sudah mengakses market place yang ada, nantinya akan muncul banner Semarang Online Super Sale dan konsumen bisa langsung dapat berbelanja.

Sementara itu untuk target dari pelaksanaan SOSS ini, lanjut Handoko, terjadi peningkatan penjualan pada market place berkisar 20-30 persen. Guna menggaet konsumen, dalam pelaksanaannya SOSS turut memberdayakan para influencer di Kota Semarang untuk mempromosikan acara tersebut.

Selama periode acara, konsumen dapat terus mendapatkan update melalui program live instagram akun resmi Pemkot Semarang dan juga para influencer Kota Semarang.