Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

GELAR BUDAYA NYADRAN KALI TH. 2022 DESA WISATA KANDRI

16
Jan
2022

Tradisi Nyadran Kali merupakan tradisi unik warga Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Jawa Tengah. Tradisi tahunan Nyadran Kali merupakan ungkapan rasa syukur atas ketersediaan air yang melimpah. Tradisi Nyadran Kali adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setiap Kamis Kliwon, Jumadil Akhir. Membawa wakul berisi makanan, gunungan hasil bumi, dan kepala kerbau, masyarakat bersama-sama menuju Sendang Gede.

Bagi mereka, sendang ini menjadi bagian dari sejarah yang tidak terlupakan. Juru Kunci Sendang Gede, Ahmad Supriyadi mengatakan, tradisi Nyadran Kali ini sebagai bentuk ucapan syukur bahwa masyarakat Kandri sudah diberi sebuah sendang yang memiliki banyak manfaat. Mulanya, sendang ini merupakan mata air yang besar. Masyarakat setempat takut apabila sendang tersebut menjadi rawa.

Ketua Kadin Kota Semarang hadir untuk memberikan sambutan yang didampingi beberapa Pengurus Kadin Kota Semarang pada acara Nyadran Kali ini untuk nguri-nguri budaya Jawa Tengah khususnya budaya di desa wisata Kandri.