Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

TAKLSHOW RAMADHAN FAIR DI MALL TENTREM

16
Mar
2024

Kegiatan Ramadhan Fair yang diselenggarakan oleh Zhakiah Joban selaku Wakil Ketua bidang Ekonomi Syariah KADIN Kota Semarang bertempat di Mall Tentrem Semarang pada tanggal 16 - 17 Maret 2024, salah satu acaranya yaitu talkshow dengan mengambil tema Peluang dan Tantangan Bangun Ekosistem Ekonomi Syariah di Jawa Tengah.

Sebagai narasumber yaitu :

- Arnaz Agung Andrarasmara (Ketua KADIN Kota Semarang)

- Zhakiah Joban (Waket bid Ekonomi Syariah KADIN Kota Semarang dan Ketua Asosiasi Muslimah Pengusaha/Alisa Jawa Tengah)

- Luhut Sagala (Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKAFH) Undip Jateng)


Jawa Tengah memiliki potensi untuk turut andil dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi syariah. Begitu disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, berbagai sektor dapat menjadi pendorong untuk mengembangkan ekonomi syariah. Seperti di ketahui bahwa penduduk Indonesia ini mayoritas muslim. Ini bisa jadi pasar potensial komoditas apapun yang berbentuk syariah.

Peluangnya masih besar, seperti di Semarang ini tidak hanya di bidang perbankan tetapi juga fesyen, dan lainnya. Hanya bagaimana kita bisa menciptakan peluang dan inovasi kreativitas itu

Ketua Asosiasi Muslimah Pengusah (Alisa) Zhakiah Joban menambahkan, prospek ekonomi syariah di provinsi ini di antaranya juga terlihat dari sektor pariwisata. Ia menilai munculnya Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 40 Tahun 2023 tentang pariwisata ramah muslim menjadi indikator bahwa ekonomi syariah tumbuh pesat.

Pergub pariwisata ramah muslim menjadi indikator bahwasannya pertumbuhan ekonomi syariah sudah sangat signifikan. Halal sudah menjadi gaya hidup, bukan hanya Indonesia yang mayoritas muslim, tetapi negara-negara non muslim pun sudah mulai menikmati berbagai layanan-layanan berbasis syariah

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKAFH) Undip Jateng Luhut Sagala mengatakan, dari komunitas profesi ia menyebut mau tidak mau harus memiliki bekal pengetahuan terkait syariah. Terlebih kata dia, pertumbuhan ekonomi syariah sudah tumbuh pesat.

Sekarang pertumbuhan ekonomi syariah itu secara statistik sudah jauh lebih besar dari pertumbuhan ekonomi konvensional. Dari aspek industri keuangan, itu pertumbuhannya cukup besar terlihat dari banyaknya lembaga pembiayaan syariah.