Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

Webinar KADIN Class#4 "Sosialisasi Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Untuk Pelaku Usaha Wisata Dan UMKM Kreatif Dan Game Digitalpreneur"

17
Jul
2020

Dalam urusan memberikan bantuan kepada usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) yang terganggu akibat pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tak mau ketinggalan. Adanya bantuan sebesar Rp24 miliar itu disampaikan Deputi Bidang Industri dan Investasi. Bantuan ini hanya dikhususkan pada pelaku usaha yang berkecimpung dalam enam subsektor ekonomi kreatif, yakni aplikasi digital, pengembangan permainan, fesyen, kriya, kuliner, film, ditambah sektor pariwisata. Untuk sektor pariwisata dikhususkan bagi homestay dan 13 jenis usaha pariwisata yang semua harus berada di lokasi di desa wisata.

Program BIP (Bantuan Insentif Pemerintah) pada 2020 terbagi dalam dua kategori, yakni reguler dan afirmatif. Untuk kategori reguler, BIP dapat diberikan kepada para pelaku usaha berbadan hukum seperti PT, koperasi, yayasan/perkumpulan, dengan maksimal bantuan yang diberikan sebesar Rp200 juta.

Sedangkan untuk kategori afirmatif dapat diberikan kepada pelaku usaha yang belum berbadan hukum seperti UD, firma, atau CV dengan maksimal bantuan sebesar Rp100 juta. "Namun untuk nilai tetapnya tergantung dari kurator saat mengkurasi proposal yang diajukan oleh para pelaku usaha," kata Plt Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hanifah Makarim.

Penggunaan BIP tetap akan selalu dimonitoring, para penerima bantuan juga tak diperkenankan melakukan penyimpangan, seperti menggunakan dana di luar proposal yang diajukan. "BIP bentuknya hibah, tetapi bukan berarti bisa sembarangan tanpa ada pertanggungjawaban. Dalam menerima dana BIP ini nantinya pelaku usaha harus melaporkan penggunaan pemanfaatan dana sesuai dengan permohonan," kata Hanifah.

Webinar KADIN Class#4 yang tayang tanggal 17 Juli 2020 ini mengambil tema Strategi Tambah Modal Dari Pemerintah Dalam Bentuk Uang Tunai, dan menghadirkan para narasumber sebagai berikut :

  • Hanifah Makarim --> Plt Direktur Akses Pembiayaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
  • Cak Syamsul --> Founder LUNAS dan Pembina UKM Nasional
  • Ismiyati --> Owner Super Roti