Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

Seminar Economic Outlook Dengan Tema "Evaluasi Perekonomian di Kwartal II Tahun 2019 dan Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2020"

15
Oct
2019

Kadin Jawa Tengah mengadakan Seminar Economic Outlook dengan tema Evaluasi Perekonomian di Kwartal II Tahun 2019 dan Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2020 di Hotel Patra Semarang.

Hadir dalam acara tersebut pembicara Raden Paradede, pengamat ekonomi nasional dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Kebijakan Moneter, Fiskal dan Publik, Denni Puspa Purbasari, Deputi Bidang Kajian dan Pengelola Isu-isu Strategis Kantor Staf Presiden Republik Indonesia dan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit SW mengatakan, acara Economic Outlook ini sangat penting untuk memberikan gambar mengenai perekonomian sampai akhir tahun dan di awal tahun 2020 untuk nantinya para pengusaha bisa bersikap dan mempersiapkan langkah ke depan. Memberikan gambaran kira-kira bersikap seperti apa karena Jateng sekarang sedang menjadi primadona pelaku usaha di Indonesia.

Raden Paradede menuturkan tantangannya perekonomian Indonesia sangat komplek dengan adanya gejolak perekonomian global membuat sisi perdagangan di Indonesia terdampak namun relatif kecil.

Ia pun memprediksi di tahun depan pertumbuhan ekonomi Indonesia sedikit di bawah lima persen karena perekonomian dunia yang berat. Namun, lanjut Raden, hal ini jangan disikapi terlampau panik karena jika dibanding negara lain kita masih positif.

Denni Puspa Purbasari menambahkan, gejolak perekonomian global antara dua negara besar Amerika Serikat dan China tidak hanya berdampak ke Indonesia saja tetapi juga negara-negara lain.

Menurutnya perekonomian Indonesia mengalami positif tetapi melambat hal itu dikarenakan melemah investasi dan ekspor. Denni memprediksi sampai akhir tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai lima sampai 5,1 persen.