Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

INVESTREE RESMI GANDENG KADIN KOTA SEMARANG, Targetkan Pembiayaan Lebih Optimal untuk Pengusaha LPSE Jawa Tengah

22
Dec
2021

Memperkuat strategi dalam menyalurkan pinjaman melalui skema rantai pasok sekaligus memberdayakan pelaku UKM di luar Jabodetabek, pionir fintechlending Investree resmi menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia(Kadin) Kota Semarang untuk menjangkau pengusaha-pengusaha yang tergabung dalamLayanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) agar mereka lebih mudah mendapatkan dukungan pembiayaan dari Investree. Mekanismenya, Kadin Kota Semarang akan merujuk perusahaan yang menjadi pemenang tender LPSE/LKPP untuk mendapatkan pembiayaan melalui Investree. Hal itu diharapkan mampu membuat bisnis para pelaku UKM diJawa Tengah semakin bertumbuh, baik dari sisi arus kas, operasional, maupun kinerja secara keseluruhan.

Meresmikan kemitraan tersebut, pada Rabu, 22 Desember 2021 di Awan Sewu Boutique Hotel& Suite Semarang, telah dilakukan Penandatanganan Kerja Sama antara Kadin Kota Semarang dengan Investree untuk Pembiayaan Infrastruktur yang diwakili olehChief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin, dan Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara. Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Chief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin, mengatakan,“Investree menyambut baik kerja sama dengan Kadin Semarang. Kami antusias karena ini memudahkan Investree berpenetrasi terhadap para pelaku UKM di JawaTengah khususnya Kota Semarang dalam rangka memperluas akses pembiayaan yang mudah dan cepat bagi mereka. Komitmen Investree adalah menyalurkan pembiayaan kepada pengusaha/vendor LPSE/LKPP sebesar Rp 500 miliar pada 2022.”

Darisisi Investree sendiri, Investree sudah memiliki ekosistem penghubung antara perusahaan pemenang tender yang terdaftar di portal pengadaan barang dan jasa pemerintah dan Investree sebagai penyedia layanan fintech lending bernama “Garuda Financial”. Melalui ekosistem Garuda Financial, Investree dapat lebih leluasa memfasilitasi proses persetujuan hingga pencairan pinjaman kepada pengusaha/vendor yang membutuhkan bantuan pembiayaan. Selain itu, Investree juga bekerja sama dengan beberapa rekanan dari inisiatif Beyond Lending seperti platform faktur elektronik atau e-invoicing Billtree dan platform penilaian kredit alternatif AI Foresee. Platform-platform tersebut dapat menjadi solusi dan dimanfaatkan oleh pelaku UKM di Semarang dan sekitarnya apabila mereka ingin meningkatkan proses bisnisnya menjadi lebih efisien.

Kemitraan tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk memperluas jangkauan Investree dan memberikan layanan serta dukungan kepada UKM di Indonesia. Selain itu kemitraan ini juga diharapkan dapat secara konsisten meningkatkan fasilitas kredit terhadap UKM dan membantu memperkuat bisnis UKM untuk melewati tantangan yang dihadapi karena pandemi Covid-19.