Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

Gathering & Ngobrol Santai Kadin Kabupaten/Kota Seluruh Jawa Tengah Bersama Ketua Umum Kadin Indonesia

13
Nov
2019

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas, dengan melakukan berbagai terobosan. Selain membantu pengembangan pasar, juga dengan mengajak pelaku usaha menjadi digital entrepreneur lewat pelatihan.

Hal itu disampaikan Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono di acara Gathering dan Ngobrol Santai Kadin Jateng di Nava Hotel Tawangmangu.
Selain menjadi pembicara, Kukrit juga memoderatori acara ngobrol bersama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslan yang hadir malam itu. Acara yang bertujuan merekatkan seduluran di antara anggota Kadin Jateng itu dihadiri ketua Kadin dari sejumlah kabupaten/kota se-Jateng.

Pelaku usaha juga didorong untuk menjadi digital entrepreneur, dengan mengadakan kursus gratis bagi anggota Kadin Jateng. "Kami juga gandeng Investree, salah satu perusahaan fintech, untuk membantu dari sisi pembiayaan untuk anggota Kadin Jateng. Jika ada order barang, sudah dikirim, ada invoice, akan menerima pembayaran di depan dari Investree. Tidak perlu menunggu, jika pembayarannya mundur.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslan mengingatkan tentang potensi usaha berbasis digital, yang saat ini berkembang. Dia menyebut lima startup yang menjadi unicorn, karena didukung potensi pasar yang besar. Yakni Gojek, Tokopedia, Traveloka, OVO dan Bukalapak.

Rosan juga mengingatkan tentang potensi besar yang dimiliki Indonesia di industri manufaktur, khususnya pengembangan mobil elektrik. Sebab, Indonesia memiliki tambang nikel dan kobalt terbesar di dunia. Nikel dan kobalt adalah bahan baku pembuatan baterai, yang tentunya sangat dibutuhkan dalam industri manufaktur mobil elektrik, yang memakai tenaga baterai.