Berita Sekitar Kadin Kota Semarang

PELATIHAN PROSEDUR EKSPOR KADIN KOTA SEMARANG DAN LPEI INDONESIA EXIMBANK

24
Feb
2022

Kadin Kota Semarang bersama Indonesia Eximbank mengadakan pelatihan ekspor di Hotel Dafam, Kamis - Jumat (24-25/2/2022).

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari sebelumnya yang diadakan pada Desember 2021.

Kadin mengajak Indonesia Eximbank, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk secara langsung memberikan pelatihan kepada puluhan pelaku UMKM di Semarang yang hadir.

Bertema "Coaching Program For New Exporter (CPNE)", pihak Indonesia Eximbank memberikan materi terkait ekspor sekaligus melakukan "sharing" dan memberikan solusi kepada para peserta yang merasakan adanya kendala terkait ekspor.

Dalam perdagangan internasional ini ada hal-hal yang perlu kita perhatikan, terutama terkait metode pembayaran. Ada yang bayar dulu baru bahan bakunya yang dikirim, ada proses produksi kemudian pengiriman barang. Perdagangan internasional ini juga ada peraturan yang berbeda

Dijelaskan, Indonesia Eximbank sendiri hadir dengan dua tugas yakni terkait pembiayaan modal kerja ekspor dan pembiayaan investasi ekspor.

Pembiayaan modal kerja ekspor dikatakan merupakan pembiayaan kepada eksportir dengan penugasan umum seperti bank-bank pada umumnya di Jateng.

Pembiayaan investasi seperti adanya penambahan pabrik, mesin, gudang, dan lainnya

Adapun pembiayaan investasi ekspor yaitu pembiayaan kepada pelaku usaha untuk membiayai investasi dalam rangka kegiatan ekspor maupun penunjang ekspor.

"Kalau kita memberikan pembiayaan ekspor kepada pelaku usaha, dia dapat order tapi modalnya kurang, itu tugas kami masuk ke situ untuk membantu para eksportir mengatasi kebutuhan modal kerjanya.